Kamis, 08 Mei 2014

Lingkaran Setan Pendidikan





kultwit @rizal_dharma --> 2 Mei 2014
 
Kemarin, 2 Mei 2014, katanya Hari Pendidikan Nasional ... seperti thun2 sebelumnya, sy cb mnulis, kali ini melalui kultwit ... #hardiknas
1. Lingkaran setan, tak kasar tapi aneh ditelinga... dicari padanan kata yg serupa, tak kunjung ada
2. Jika ada, harus ada frase yg memiliki tingkatn serupa.. tak hanya pada makna, tapi juga pada peran mengontrol sesama #hardiknas
3. Entah kapan istilah "lingkaran setan" mengemuka,, tapi yg pasti, ia akrab disekitar kita,, #hardiknas
4. Lingkaran setan menyambung masalah yang satu dgn yang lainnya, tapi tak berujung,, masalah kembali pada titik awalnya... tak prnh selesai
5. Sadarilah... lingkaran setan ternyata ada di dunia pndidikan kita #hardiknas ,, masalah slalu kmbali ketitik awal,, tak kunjung selesai
6. Pahami.. pendidikan kita itu jahat... mngapa??? Ada dua alasan... #Hardiknas

7. Pertama, siswa dididik tidak karena minat dan potensinya.. sluruh siswa dipaksa sama.. #hardiknas
8. Kedua... pmangku kebijakan, guru, kpala sekolah banyak yg bohong dlam mengelola pndidikan,, pantas Allah selalu memberi cobaan bagi kita
9. Mengapa bohong? Krena merka yg berbicara ahlak, kcerdasan ganda, dan pmbntukan karakter adalah mereka yg membunuh karakter... #hardiknas
10. Knp semua elemen pndidikan dikritik... ya karena mereka masuk dlam lingkaran setan pendidikan,, termasuk saya sebagai seorang guru
11. Pemerintah paham pndidikan karakter,, cm mnerjemahkan alat evaluasinya yg susah,, mka kembalilah UN sebagai panglima evaluator,
12. Nah..ksalahan pemerintah dilanjutkan di tingkat sekolah. para civitas sekolah jg paham pndidikan karakter, cma krna pemerintah buat UN..
..maka akhirnya orientasi sekolah ya ngejar UN. Bagi sekolah yg menomorsekiankan UN,, pasti dapat banyak tuntutan dr orngtua slaku konsumen
13. Orangtua pun paham nilai akademik bkan segalanya... tapi ya mw bgmana,, mw masuk smp/sma favorit tuh butuh nilai jg.. akhirnya ya UN lgi
14. SMP/A favorit jg paham,anak tdak boleh diseleksi hnya berdasarkan nilai, krena sekolah yg baik bukan pd "the best input", tapi pd proses
15. Tapi mw gimana yah.. kan udah ada UN sayang kalo tdak dimanfaatkan,, ya akhirnya kembali ke nilai... UN slalu jadi panglima
16. Lalu apakah salah kita mngusahakan nilai utk UN?? Tntu tidak??.. malah harus... tapi menilai anak hny dri plajaran UN saja itu KESALAHAN
17. Ikan adalah mahluk paling bodoh jika di tes terbang bersama burung dan ayam, semut akan gelagapan jika ia di tes renang... #hardiknas
18. Jadi jika ada siswa mndpat nilai smpurna utk bhs Inggris di SD, tapi hancur di Matematika/IPA/B. Indo... jgn preasure dia scr berlebihan
19. Apalagi melabel kata bermasalah pada si anak... kasihan dia... blum tntu bhasa inggris kita sebagus si anak... bntulah dia brkembng..
20. Sekali lagi.. kita semua sedang berbohong dalam mengelola pndidikan, jika tak mau dikatakan munafik...
21. Pemerintah, civitas sekolah, orang tua masih ada dlm lingkaran itu... entah mengapa,, nyaman ataukah tak sanggup mndobrak sendiri
22. Pd akhirnya pendidikan kita akan slalu ada dlm masalah.. kecuali kita mau memutus lingkaran itu... kluar dari lingkaran itu
23. Bgmana caranya? Bebas dan kreatif, Allah sdah memberi kita potensi masing2.. jadi tak perlu didikte sama..
24. Tapi yg pasti selesaikanlah sesuai perannya masing2.. pemerintah, pimpinan sekolah, guru, orang tua, masyarakat pnya peran berbeda..
25. Jangn takut mrasa sendiri... jangan asal asik sendiri... bergeraklah... berubahlah...
26. Dngan bergerk, kita masih berharap pd pendidikan negeri ini... semoga mampu menghasilkan generasi Rabbani dan Qur'ani, cerdas dibdangny
27. Selamat 2 Mei, yg katanya hari pndidikan nasional... tetap semangat memvangun negeri.. MENEBAR #INSPIRASI ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dream, Believe It, and Make It Happen